Selasa, 15 November 2011

prinsip sandwich


prinsip sandwich ? mungkin dipikiran kalian akan terbayang subuah makanan berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran dan keju atau berbagai teman makan roti dan biasanya. tapi bukan itu yang saya maksud sandwich dini adalah sebuah prinsip dimana  menggunakan beberapa merk untuk pasar yang berbeda-beda secara berlapis-lapis.  jadi yang berlapis-lapis hanya merknya, bisa jadi merek dan segmen pasar yang dilayanijuga berlapis-lapis.


adapun  alasan yang mendorong melakukan prinsip sandwich ini yaitu:

  1. Pengembangan pasar  Perusahaan yang sudah mulai atau sudah besar tidak bisa hanya menyandarkan ‘nasib’ pada kelompok konsumen tertentu yang terbatas. Perusahaan perlu mengembangkan jangkauan pasar ke beberapa segmen pasar berbeda.
  2. Manajemen resiko Bisa jadi merek tertentu yang dikelola dengan penuh perhatian tanpa disengaja mengalami ‘kecelakaan’ dan jatuh tersungkur hanya karena isyu negatif. Demikian juga merek yang sudah lama ada di pasar mengalami fase kemunduran yang tidak bisa begitu cepat disegarkan. Perusahaan perlu memanajemeni risiko dengan mengembangkan beberapa merek dan mengelola portofolio merek dalam rangka memanajemi resiko.
  3. Variasi jalur distribusi Merek berbeda seringkali juga diperlukan untuk melayani jalur distribusi berbeda. Persaingan antara perusahaan peritel besar sudah sampai pada tahapan yang membuat bargaining positioning perusahaan pemasok dalam kondisi semakin terdesak dan harus bisa mengikuti ‘irama’ bisnis peritel dan distributor besar, termasuk dalam bentuk penyediaan merek berbeda untuk jalur distribusi berbeda
  4. Egoisme konsumen Konsumen ingin punya jati diri sendiri dan mendapat eksklusifitas dari produk yang digunakannya. Pengembangan merek secara berlapis dengan prinsip sandwich branding bisa menjadi sarana pemenuhan egoisme konsumen.
  5. Rasionalitas konsumen Konsumen semakin rasional dan punya kecenderungan untuk mencari pilihan baru. Konsumen tidak lagi segan untuk ganti merek atau menggunakan beberapa merek. Perusahaan perlu menyediakan pilihan produk dan merek berbeda untuk memuaskan keinginan konsumen menggunakan merek yang berbeda-beda.
sumber( http://tikotea.wordpress.com/2008/09/22/sandwich-branding)

1 komentar:

  1. Blackjack & Casino Review - Play at Bet365 Casino
    As 전라남도 출장샵 for sports betting or other types of games, you 통영 출장마사지 can only bet365 play in casinos that have Blackjack, 경상북도 출장안마 but 전주 출장마사지 that's all you have to do. At Bet365, we're here to help.

    BalasHapus